Setuju banget kalo RSBI dibubarin

Standar

Rencana pembubaran RSBI sebenarnya ane nanggepinya datar (kalo boleh jujur sih malah seneng : P). Pasalnya dari awal RSBI muncul tu udah nggak sreg aja gitu bawannya. SD, SMP,SMA semuaaaa RSBI. Ya RSBI ada bagusnya juga sih, tapi nggak semua kalangan masyarakat bisa menjangkau pendidikan RSBI ini. Menurut ane adanya RSBI tu malah menimbulkan kesenjangan sosial dalam lingkup pendidikan.

  1. Orang tua yang menyekolahkan anknya di RSBI dan dengan orang tua yang nggak nyekolahin di RSBI beuh, bisa menimbulkan persaingan juga.
  2. Ada ni tetangga ane yang nyekolahin anaknya di RSBI, bukannya ngrasa kaya atau gimana nih, tapi menurut ane ketika anaknya di sekolahin di sekolah RSBI tu malah bikin orang tuanya ngutang sana sini, yan tau ndiri kan biaya sekolah RSBI tu nggak murah.

Sekolah RSBI dipandang hanya untuk orang-orang dengan budget pendidikan tinggi. Fasilitas bagus, tenaga pendidikan bagus. Gimana nasib orang nggak mampu?

Biaya pemerintah buat RSBI tu banyak banget, dan ane saranin, daripada tu biaya digelontorin habis-habisan mending buat memeratakan pendidikan di seluruh wilayah Indonesia, apalagi daerah pelosok (kayak di postingan ane sebelumnya tentang Guru Era Baru). Adanya RSBI tu malah ngebikin daerah pelosok makin terpuruk. Pendidikan di daerah pelosok itu yang harusnya lebih ditingkatkan bukan daerah pusat.

Adanya RSBI juga nggak ngebikin Indonesia jadi diri sendiri. Sistem pendidikan di Indonesia terlalu mengarah ke sistem pendidikan luar negeri. JADILAH DIRI SENDIRI. Apa-apa harus kayak luar negeri,  sebenernya Indonesia tu udah punya sistem pendidikan yang baik kok tanpa harus mengiblat pada sistem pendidikan luar negeri.

Indonesia yang menganut sistim RSBI juga malah mengingkari SUMPAH PEMUDA, dimana di sumpah itu menyatakan

“Kami Putra dan Putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.”

Tapi di RSBI pendidikan bahasa asing malah sangat diprioritaskan. Jangan nganggep segala sesuatu yang berasal dari luar negeri lebih bagus dari negara kita sendiri. So keputusan pemerintah tentang pembubaran RSBI ane dukung 100%.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s